Cara Meng-instal dan Menkonfigurasi CCleaner

Cara Meng-instal dan Menkonfigurasi CCleaner

Daftar isi laman ini:


2.0 Cara meng-instal CCleaner

Meng-instal CCleaner relatif cepat dan mudah. Untuk memulai instalasi CCleaner, lakukan langkah-langkah berikut:
Langkah 1. Klik dua kali untuk memulai proses instalasi. Dialog box Buka Berkas Eksekutabel? mungkin akan muncul. Jika dialog box ini muncul, klik untuk menampilkan layar berikut:

Gambar 1: Selamat datang di program instalasi CCleaner v4.03

Langkah 2. Klik untuk mengaktifkan layar Pilihan Instalasi - Pilih semua pilihan tambahan, lalu klik lagi untuk memunculkan layar berikut:

Gambar 2: Layar Pasang Google Chrome sebagai browser default saya yang tidak berjudul

Langkah 3. Klik untuk menonaktifkan pilihan Pasang Google Chrome sebagai browser default saya sebagaimana ditunjukkan dalam Gambar 2 di atas, untuk mencegah instalasi otomatis pada komputer anda.
Langkah 4. Klik untuk mengaktifkan layar Proses Instalasi, yang menampilkan bar status progres.
Langkah 5. Klik untuk menyelesaikan proses instalasi CCleaner dan memunculkan pesan berikut:

Gambar 3: Pesan pop-up CCleaner Pindai Cerdas Cookie

Langkah 6. Klik untuk mencegah peyimpanan cookies secara permanen dalam komputer anda, dan mengaktifkan konsol utama CCleaner.

Gambar 4: Konsol utama Piriform CCleaner

2.1 Sebelum Anda memulai konfigurasi CCleaner

Seperti yang telah dijelaskan secara detil di Petunjuk bagaimana caranya - Bab 6. Cara menghancurkan informasi rahasia. Metode standar untuk menghapus file dari Microsoft Windows tidak menghapus data sebenarnya dari disk (walaupun Anda sudah membersihkan Recycle Bin). Begitu juga dengan file sementara. Untuk menghapus file sementara secara permanen dari hard disk, file-file tersebut harus ditimpa dengan data acak. CCleaner harus dikonfigurasi untuk menimpa file-file yang ia hapus untuk secara aman membersihkan mereka. CCleaner juga dapat menghapus informasi lama dengan membersihkan ruang yang tidak terpakai di disk (Silahkan merujuk ke bagian 5.3 Cara membersihkan Ruang Bebas Disk Menggunakan CCleaner).
Sebelum Anda mulai menggunakan CCleaner, program ini harus dikonfigurasi agar dapat menghapus semua file sementara secara aman.

2.2 Cara meng-konfigurasi CCleaner

Untuk meng-konfigurasi CCleaner, lakukan langkah-langkah berikut:
Langkah 1. Klik atau pilih Start > Programs > CCleaner untuk mengaktifkan konsol Piriform CCleaner.
Langkah 2. Klik untuk aktivasi layar berikut:

Gambar 4: Jendela Pilihan menampilkan panel 'Tentang'.

Langkah 3. Klik untuk menampilkan panel Pengaturan. Panel Pengaturan memungkinkan Anda untuk memilih bahasa yang Anda inginkan dan mengatur bagaimana CCleaner akan menghapus file sementara dan membersihkan drive.
Note: Pilihan Menghapus Aman muncul dengan pilihan Menghapus file normal.
Langkah 4. Klik pilihan Menghapus file aman (lama) untuk menampilkan daftar drop-down.
Langkah 5. Bentangkan daftar drop-down dan pilih item Menimpa Lanjutan (melewati 3) dari pilihan Menghapus file aman (lama) untuk menampilkan layar berikut:

Gambar 5: Panel pengaturan menampilkan pilihan Menghapus Aman

Setelah Anda mengatur pilihan ini, CCleaner akan menimpa file dan folder yang telah Anda pilih dengan data yang acak, dan menghapus mereka dari hard disk Anda dengan efektif. Istilah Melewati yang terdapat di daftar drop-down Menghapus file aman, menunjukkan jumlah berapa kali data Anda ditimpa oleh data acak. Semakin besar jumlah pass, semakin banyak dokumen, file, atau folder Anda ditimpa dengan data acak. Ini mengecilkan kemungkinan file Anda untuk didapatkan kembali, tetapi menambah waktu yang diperlukan untuk proses pembersihan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Meet The Author